English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
|| Dalam blog ini saya mengumpulkan berbagai artikel mengenai agama terdahulu dan persamaannya dengan islam || kalau memang ada perbedaan saya sangat menghargainya karena anda yang lebih mengetahui agama yang anda anut || Bukan menyalahkan agama anda, saya sendiri percaya dengan dalil-dalil ketuhanan yang anda miliki || karena saya yakin kita semua berasal dari satu akar yang sama, dan "ISLAM IALAH AGAMA PENYEMPURNA DARI AJARAN-AJARAN SEBELUMNYA YANG MENGAJARKAN KASIH SAYANG" || semoga kita bisa menjadi hamba yang baik bagi tuhan semesta alam ||
RSS
email

Bukti ISLAM di Ajaran Buddha

AJARAN AGAMA BUDDHA

Buddha dianggap sebagai guru, panutan, sosok yang dihormati. Menggambarkan Buddha sebagai sosok dewa adalah persepsi yang salah, cenderung berakar dari tradisi dan pandangan keliru. Buddha tidak pernah menjanjikan akan mengabulkan permohonan, beliau malah mengajarkan bahwa usaha harus dilakukan oleh diri sendiri.
Bagi umat Buddha, patung buddha hanyalah simbol, dan sekedar sarana untuk membantu merenungi beliau, termasuk sifat-sifat beliau, dan membentuk keinginan untuk menyamai beliau. Bukan obyek penyembahan atau dimintai permohonan.

MUHAMMAD DALAM AJARAN AGAMA BUDDHA

Dalam Cakrawati, Senasutana D.III, 76 yang menyampaikan ramalan tentang Maitreya/Mitri dan ramalan ini di ulang kembali dalam sebagian kitab Agama Budha yang mengatakan bahwa akan datang Budha yang bernama Mitri yang berarti yang suci, yang terutama, yang bersinar dan penuh dengan pengetahuan, bijaksana, kecerdikan pengetahuan yang menyeluruh akan menerima wahyu, pengetahuan yang utama dan ia akan mengajarkan permulaan untuk mencapai tujuannya dan ia akan mengajarkan agama kebenaran.

Hal ini berarti akan sama dengan apa yang dikatakan oleh Budha. Namun sang Mitri ini akan memiliki ribuan pengikut sementara sang Budha hanya memiliki ratusan pengikut. Dalam Buku Buddha oleh Carus-dari sumber Ceylon Halaman 217 & 218 dikatakan, jika Mitri ini dianalisa berarti sesuatu yang bermanfaat yang memberikan rahmat yang memiliki rasa cinta kasih dalam dirinya. Jadi Mitri berarti Rahmat dalam bahasa Arab.

Dalam Al-Quran Surat 21 (Al-Anbya) : 107 Allah Berfirman : "Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam (rahmatan lil alamin)".

Dalam Buku Keramat Timur, Volume 11 Hal 36 Mahaparinabana Sutta Bab 2, Ayat 32, menyatakan bahwa Sang Budha tidak akan membedakan pengajarannya kedalam Isoterik dan Esoterik. Budha akan selalu menyatakan kebenaran dan sebagai sang guru pengetahuannya pasti tidak akan disembunyikan, apa yang Budha ajarkan waktu itu bukanlah sesuatu yang sebagian terbuka dan sebagian tertutup.
Isi dan kandungan Al-Quran diajarkan oleh Nabi Muhammad di depan Umum dan terbuka dan melarang menyembunyikannya.

Dalam Bab 5 Ayat 36 hal 97, dikatakan , seperti halnya Budha yang memiliki Sarvito dengan nama Ananda demikian juga Budha Mitri yang akan datang mempunyai Sarvito.

Sarvito dari Nabi Muhammad adalah seseorang bernama Anas bin Malik , yang diberikan oleh orang tuanya, ayah dan ibunya pada nabi yang mulia di usia 8 tahun dan sang nabi menyebutnya sebagai anak yang tercinta, si kecil tersayang. Dan Anas dikirim oleh Nabi Muhammad saat perang dan damai, saat yang baik dan buruk hingga akhir hidupnya. Bahkan dalam perang Uhud dalam usianya yang ke 11 dia berdiri di depan Nabi dan melindungi beliau saat beliau terkepung oleh Musuh. Bahkan dalam perang Hunain hujan panah menerjang nabi dan Anas berdiri melindungi beliau. Ananda juga melindungi 11 terjangan pada Budha dan ia berdiri didepan Budha.

Satu Iagi ramalan tentang Maitreya di Kitab Agama Buddha oleh Carus muka surat 217 dan 218-dari negara Ceylon (Sri Lanka). “Ananda (anak murid Buddha) bertanya kepada Gautama Buddha, `Siapakah akan mengajar kita semua selepas kamu meninggalkan kami?‘

Gautama Buddha menjawab:
“Saya bukanlah Buddha yang pertama atau yang terakhir yang didatangkan ke dunia ini. Setelah aku seorang Buddha lagi akan datang ke dunia ini. Dialah seorang yang suci, yang mempunyai kesadaran yang tinggi, yang dikurniakan dengan kebijaksanaan, mempunyai akhlak yang baik, yang mengenali alam ini, pemimpin manusia yang bijaksana, yang dikasihi oleh malaikat dan makhluk lain. Dia akan mengajar kepada kamu semua satu agama atau kebenaran yang kekal abadi serta yang terpuji. Agama yang diajar oleh Buddha ini akan menjadi satu cara hidup yang sempurna dan suci. Kalau anak murid aku beratus-ratus tetapi anak murid Buddha ini ialah beribu-ribu.”

Nama Muhammad ada juga di eja “Mahamet” atau “Mahomet” atau ejaan yang lain dalam berbagai bahasa. kata “Maho” di dalam bahasa Pali dan “Maha” di dalam bahasa Sanskrit berarti sangat baik atau besar atau sangat mulia dan masyhur, dan kata “Metta” berarti belas kasihan. Maka “Mahamet” atau ”Mahomet” berarti Belas Kasihan Yang Amat Besar.


Dalam Buku Buddha oleh Carus Hal 214 ada 6 kriteria dari Maitreya/Mitri
keenam kriteria menunjuk pada Nabi Muhammad, antara lain yaitu :
1. Ia akan menerima cahaya petunjuk pada malam hari
2. Saat menerima pencerahan ia akan bercahaya
3. Ia akan meninggal dengan cara yang alami dan baik
4. Saat sang Mitri akan meninggal ia akan kembali bercahaya (bersinar)
5. Meninggal di malam hari (sesuai Nabi yang ketika meninggal saat malam hari)
6. Saat meninggal bentuk fisik tidak akan nampak kembali (Maksudnya setelah Nabi Muhammad wafat, gambar/wujud fisik beliau tidak dibuat, karena Islam melarang wujud Nabi digambar )

Sumber :
(http://islamic.xtgem.com/ibnuisafiles/info/sukahati/sh10.htm)
(http://indraemc.blog.friendster.com/2008/04/nabi-muhammad-dalam-kitab-suci-ummat-buddha/)



Bookmark and Share

25 komentar:

@ris77 mengatakan...

Dalam Blog ini saya tdk bermaksud utk menyinggung, melecehkan atau merendahkan agama lain..

d sini saya tidak mencari2 kelemahan agama lain.., saya hanya menyampaikan ap yg saya ketahui,dan tdk berniat untuk d sanjung & d puji..

Alangkah tidak tepat apabila anda mengatakan klo ISLAM memiliki kelemahan atau kekurangan.

apabila anda mendalami ISLAM, tentu anda akn tau klo hukum2 ISLAM mengatur seluruh aspek kehidupan secara sempurna & adil. Karena ISLAM memiliki sistem.

Dan ingat, ISLAM tdk pernah melecehkan agama lain. Seperti saat2 kepemimpinan ISLAM di Konstatinopel, Semua Agama dihormati, dilindungi & diperlakukan dg adil.

Sekali lagi saya perjelas, setelah ap yg saya sampaikn dlm blog ni, silahkan saja anda mempercayainya atau tidak..
Karena Rasullulah mengajarkan untuk menghormati Agama lain & Tidak pernah memaksaan dalam memilih agama..

ISLAM itu Indah wahai Saudara q..

"Klo ad kesalahan datangnya dri diri saya & Kebenaran hnyalah milik Allah semata.."

sliferekatama mengatakan...

Maaf saudaraku saya tidak bermaksud menyinggung atau sebaigainya, saya hanya ingin menyampaikan ayat Allah.
*
2:1. Alif Laam Miim.

2:2. Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

2:3. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka,

2:4. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

2:5. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

2:6. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.

2:7. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.
*
6:39. Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami adalah pekak, bisu dan berada dalam gelap gulita. Barang siapa yang dikehendaki Allah (kesesatannya), niscaya disesatkan-Nya. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah (untuk diberi-Nya petunjuk), niscaya Dia menjadikannya berada di atas jalan yang lurus.

*
109:1. Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir,

109:2. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

109:3. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.

109:4. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.

109:5. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.

109:6. Untukmulah agamamu dan untukkulah
agaku

Seseorang yang tidak pernah mencari kebenaran adalah orang yang tidak akan pernah mendapatkan kebenaran , kecuali ia dibukakan pintu hatinya oleh Allah swt.dan sesungguhnya Allah maha penyayang dan penerima tobat. kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan milik mahluknya. Terimakasih

el7cosmos mengatakan...

mari membaca Al-Quran!

ada situs yang bisa baca al-quran online trus ada audio playernya...

Anonim mengatakan...

biarkan semua itu ada kesaman atau pun tidak,asalkan kt sebagai manusia jgn ada perbedaan maka damailah dunia.hanya orang yg paling bodoh yg suka komentari agama lain.malah klu memang agama lain ada sama atau pun kutip ajaran budha harusnya kamu bangga apalg klu agama lain bs menerapkan dgn lbh baik....... jk kt bs melihat org lain bs berbuat baik maka kita bahagia.inilah ajaran budha dan kamu umat budha yg baik apalg bs ajarkan ajaran budha kemereka dgn baik itu lbh baik.bkn komentari sampai kapan kamu bs bebaskan keagkuan dan egomu? klu ini tdk hilang maka tdk ada kesempurnaan yg bs kita capai.hahaha........ paling2 mencapai kesetanan aja.

Anonim mengatakan...

Ada yang berpendapat bahwa nabi Zulkifli yang kisahnya tertera dalam alquran itu tak lain adalah Sidharta Gautama.

Mamad Pezinah Kontol Sunat mengatakan...

Pembenaran ala islam kontol sunat.
Ngawur aj tuh yg lu kutip2 dari kitab n maen asumsi sendiri seolah diri/kaum kalian yg paling benar ! Jangan biarkan otak kalian keracunan oleh agama terutama agama dari Arab kontol sunat, cuy !
Hapus tuh tulisan gak bobot lu !
Bikin malu yg nulis, mencerminkan kegoblokan diri kau, tot !

Anonim mengatakan...

eh jangan mengutip kitab dari agam laen.asal tau dalam 1 asankheya kappa tidak mungkin ada 2 buddha yang artinya mitri yang di maksud bukan muhammad jangan membuat analysa yg tidak betul sembarangan.

M.Y.S mengatakan...

@kontol
wkwkkwkkk... islam itu agama gw... gw kesel tapi gw g mau marah2 atau ngehina balik dikau, toh g akan selese klo saling menghina terus...
tetapi buat yg ngelihat komenan gw, resapi aja kata2 ini...
"Kebenaran yang sejati akan terkuak setelah kita mati. Ketika itu sudah terjadi, yang ada hanyalah penyesalan"
yaa.. benar atau tidak nya kata2 diatas ini, hatimu jg bisa menebak...
klo kita semua belum siap untuk mati berarti sebenarnya kita belum siap untuk menerima kebenaran ini... :yeah: :yeah:

M.Y.S. mengatakan...

Klo kita semua belum siap untuk mati berarti sebenarnya kita belum siap untuk menghadapi kebenaran sejati tersebut...

aris 4shared mengatakan...

Maka tunggulah..
karena saya menunggu pula...

Anonim mengatakan...

Kalau saya pribadi,lbh baik bragama non_islam...
Wlaupun toh trnyata saat gua mati islam yg benar,gua ga nyesel,sama sekali ga nyesel jd orang kafir,drpada menyembh tuhan islam yg maha egois,gila sesembahan,mendingan gua se_xan jd atheis aja...gpp, ga nyesel gua,mendingan di neraka, dsn ada mahatma gandhi,bunda teresa dll yg ntabene beragama kafir..salam

@ris 4shared mengatakan...

Terima kasih atas komentar yang diberikan..
tapi perlu diketahui Allah(tuhan manusia) itu bukanlah gila sesembahan seperti yang telah anda sampaikan..

Allah mengatur hidup kita dengan peraturannya itu dengan banyak mengandung manfaat yang sering tidak kita sadari..

contohnya gerakan sujud pada saat kita shalat, gerakan itu membantu darah kita mengalir lebih banyak ke otak kecil agar mempertajam ingatan kita serta membantu merefreshnya..

contoh lainnya adalah kewajiban seorang wanita menggunakan jilbab (kebanyakan orang menyebutnya dengan jubah), kewajiban ini pada dasarnya membantu seorang wanita untuk menutup aurat/lekuk tubuhnya dan menjauhkannya dari pandangan hawa nafsu seorang pria, sehingga dapat menjaga kehormatannya dan membuat orang lain segan melihatnya,

dan masih banyak lagi peraturan Allah yang mengandung manfaat namun sering tidak kita sadari..

renungkanlah..

Anonim mengatakan...

Astaghfirullah...! Ada yang rela masuk neraka demi menghindari kebenaran..!

Anonim mengatakan...

Mada Young

Subhanalloh...........Ainul Yakin nih.....!
Thanks Pencerahannya

Anonim mengatakan...

gw suka dengan mamad pezinah. ga susah2 ya kita nyari sebutan yang pas buat dia, dia sendiri yang bilang dia pezinah... kasihan, tmbah satu lagi puntung api neraka kelak

Anonim mengatakan...

Buat apa sih meributkan hal yang seperti ini. Agama itu berkaitan dengan kepercayaan, faith... dan siapa yang bisa membeli itu? anda mungkin dijanjikan surga... tapi sudahkah anda menemukan surga itu sendiri. percayalah, memperdebatkan agama dengan cara seperti ini nggak akan menghasilkan apa-apa selain permusushan. karena kebenaran itu akan jatuh pada relativitas kepercayaan. Hakikat dari agama bukan untuk meninggikan atau merendahkan, mensurgakan atau mengkafirkan pihak lain. agama itu memiliki essensi spiritual yang jauh lebih mulia dari apa yang kita selalu perdebatkan. Karena Jika Tuhan benar Mahakuasa, dia tidak akan membatasi kekuasaannya dengan hanya menjadi Tuhan bagi pihak-pihak tertentu

@ris mengatakan...

slrh artikel d sni smua nya brkaitan saya sbnrnya brhrp anda smua mngrti dr hakikat sbuah ajaran, Allah bkn nya mnjdi tuhan phk trtntu, rnungknlh seluruh utusan d utus mnysuaikn tmpt tngglnya, kmudian d saat zaman nabi muhammad yaitu ktika cr brkmnksi dan transportasi kbrbgai daerah sdh bs d lkukn, mk d prluknlh agama yg dpt mnyatukn slrh umat manusia yaitu ISLAM,

bkn kmi yg mnytkn ajaran lain kafir, tp Allah lah yg mnyataknnya, knp dmkian ?? krn mrka tdk mau mmbka hatinya untuk mncba mngrti, mmhmi & mmpljri ISLAM, pdhl andaikan anda mncba mmpljrinya mk anda akan mngrti bahwa ISLAM telah mnymprnkkn ajaran2 sblmnya,

cobalh, tdk ada salahnya mmpljri ajaran ini..

Anonim mengatakan...

MANA ADA BUDDHA NGENTOT SANA SINI, KEKURANGAN ISLAM ADALAH MUHAMMAD SAW YG PEDOFILIA MAU DISAMAKAN DGN SANG BUDDHA YG SUCI. KEBALIKAN SIFAT MUHAMMAD SAW DAN SIDHARTA ADALAH
SIDHARTA RELA DAN IKHLAS MENINGGALKAN KENIKMATAN DUNIAWI TUK MENCAPAI BUDDHA. BANDINKAN DGN MUHAMMAD SAW PEDOFILIA YG RELA DAN IKHLAS MENINGGALKAN KEMISKINAN DGN MERAMPOK/ JARAH DEMI KENIKMATAN DUNIA/ SEKS MULU.
BUDDHA MITRI ATAU YG DI SEBUT MAITREYA AKAN MUNCUL DISAAT AJARAN BUDDHA DI LUPAKAN, LHA SKRG ORG MASIH INGAT HAHAHAHAHAHAHA......... KEBOHONGAN KACUNG MUHAMMAD SAW PEDOFILIA TERKUAK. AMITHABA SEMOGA SEMUA MAHLUK BERBAHAGIA KECUALI PENGIKUT SETAN MUHAMMAD SAW.

@ris mengatakan...

perasaan saya tidak pernah mencela penyebar agama anda dengan sebutan setan dan sebagainya deh...

coba anda tenangkan dulu pikiran dan hati anda,
Islam tidak pernah memungkiri akan kodrat manusia yang memiliki hawa nafsu, namun Islam memberikan petunjuk bagaimana cara mengelola hawa nafsu, karena manusia bukanlah malaikat yang tidak memiliki hawa nafsu...

nabi muhammad tidak pernah menikahi istri2 nya karena sekedar hawa nafsu, beliau menikah karena ingin membantu wanita janda yang telah ditinggalkan suaminya dalam jihad membela agama Allah, bahkan umur2 nya juga bisa dibilang tidak muda lagi..

dalam kasus siti aisyah, beliau bukanlah seorang phedopil, beliau sengaja ingin menciptakan dan mendidik seorang wanita yang mampu mengayomi seluruh kaum wanita pada saat itu, sehingga siti aisyah menjadi ummul mu'minin..

sungguh prasangkaan anda terhadap islam sangat tidak mendasar..

WuMing mengatakan...

Bagus isi kandungannya. Sini saya ingin share satu lagi blog yang menyokong ajaran Buddha :
http://fahamanbuddha.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

Maaf apabila saya memberi kesimpulan yang mungkin menyinggung hati.

Begini sebenarnya yang saya tau, semua agama yang ada sekarang ini karena Allah S.W.T.

Agama mereka di sebarkan oleh nabi-nabi terdahulu. Dan Islam adalah penutup dari pada Nabi utusan Allah tersebut.
- Budha artinya nabi, saya tidak tau nama nabi tersebut di Islam.
- Hindu, juga di bawa oleh nabi.
- Yahudi, nabi nya nabi Musa.
- Nasrani, nabi nya nabi Isa.
- dll.

Anonim mengatakan...

Untuk agama budha, Hindu, dll saya yakin, ada di antara 25 nabi yang biasa di ketahui oleh umat Islam.

Dari semua agama itu mengajarkan Tauhid kepada Allah tapi di bawa oleh nabi-nabi yang hanya memimpin di setiap umat sendiri.

Semua Nabi-nabi terdahulu juga menyampaikan kepada umatnya agar suatu saat muncul Nabi terakhir maka ikutilah agamanya, karena agama itulah yang di ridhoi untuk seluruh alam, saya rasa anda tau jika benar-benar membaca kitab suci anda.

Hanya 1 agama di dunia ini yang membunuh nabinya lalu mengatakan bahwa yang di bunuh itu Tuhannya. Anda pasti tau agama yang mana. Dia lah itu agama Dajjal (pembohong). Cuma agama itulah yang mengajari kesesatan kepada manusia agar manusia menjauh dari Allah. Semoga kita semua terlindungi dari agama yang 1 itu.

Anonim mengatakan...

untuk anonim yang post tanggal 25 september 2010 12:02

Anda benar seorang agama budha? Atau anda orang yang menyamar sebagai orang yang beragama budha?

Sikap anda tidak mencerminkan sama sekali anda agama budha. Saya banyak teman agama budha dan satupun tidak ada bicaranya seperti anda.

Apa anda punya misi menyaru jadi agama budha supaya umat islam dan budha saling berkelahi?

Apa anda agama dajjal? Klo mang dajjal, mati saja lah.

Anonim mengatakan...

Buat Anonim yang post "2 juni 2010 12:06"

Eh anjing, hati-hati lo ngomong budha dan mahatma gandhi di bilang masuk neraka. Berdasar Islam mereka adalah nabi-nabi, mereka sudah pasti dan di jamin masuk syurga. Yang masuk neraka itu elo Anjing. Jaga mulut lo Babi. Gua kirim leluhur gua biar lo cepet mati, dasar taik bangsat loe.

Saya juga yakin dengan agama Islam, karena menurut "anonim 6 april 2011 13:37" bahwa budha adalah nabi, klo saya baca al-kitab budha memang ada kaitan budha adalah nabi. Memang agama Islam menarik dan agama terakhir.

anak indonesia tulen dan muslim mengatakan...

merdeka indonesiaku..
saran untuk penulis topik/tema di atas :
1. tolong cantumkan nama asli, alamat lengkap, status warga negara (harus jujur)
2. tolong hapus tema/topik anda sekarang juga, ganti dengan yang lebih bermanfaat untuk pemersatu bangsa

alasan saya kasih saran itu adalah sbb:
1. jangan2 anda bukan orang indonesia yang ingin merusak persatuan bangsa indonesia dengan niat anda ingin menjajah negara indonesia.
2. jika anda orang indonesia, tolong sadarlah..para pahlawan dan pendiri bangsa qta merebut kemerdekaan dgn taruhan nyawa, anda sbg generasi penerus hny bertugas utk mempertahankan kemerdekaan. "bhineka tunggal ika" adalah simbol kekayaan budaya indonesia, seharusnya anda yg berusaha memprtahankn. memang itu gak mudah dilakukan tp setidaknya hindari tindakan yg bertentangan dgn "bhineka tunggal ika" kalau anda tdk mau disebut penghianat bangsa. "intinya hindari hal2 yang berbau suku,ras,agama dan golongan".
3. setiap orang punya hak pribadi yg mendasar/ hak asasi manusia trutama ttg suku,agama,ras dan golongan dan itu tidak boleh diganggu gugat. dan jgn sekali-kali mengangkat isu SARA perbedaan suku, agama, ras dan golongan di ruang publik spt ini, kalau anda tdk mau disebut penghianat bangsa.
4. bangsa qta lagi carut marut diberbagai bidang baik itu politik, ekonomi, hukum, keamanan. jgn anda malah menambah masalah..lihat saja disekitar anda: orang miskin merajalela, msh byk ank putus sekolah, pengangguran msh segudang, pengemis dan ank jalanan smkn brtambah, elit politik tingkahnya spt anak TK, tikus politik msh pd lapar uang rakyat. pikirkan itu, peran apa yg bisa anda ambil untuk perbaiki itu.
5. apa pun profesi anda, tolong kasih sumbangsih ke negara dgn cara minimal perbaiki sikap anda dgn membahas topik2 yang lebih bermanfaat untuk pemersatu bangsa. banyak segudang topik misalnya: bagaimana caranya buat pupuk yg murah dan berkualitas spy para petani ini lbh makmur, bagaimana spy orang2 yg tdk mampu spy bs sekolah dan dpt kesehatan gratis dst.......beribu-ribu topik lg
6. sadarlah saudara2 sebagsa dan setanah air, apa qta rela menggadaikan negara qta tercinta ini yang subur, kaya sumber daya alam, dan budaya..hanya karena diadu domba atas nama agama, suku, ras dan golongan???????msh ingat nenek moyang qta byk org sakti tp msh bisa dijajah oleh bagsa lain krn diadu domba. kalau anda2 orang pinter tunjukkan bahwa anda tidak bisa di adu domba dgn cara spt ini.
7. jika anda anak indonesia mk pegang teguh komitmen "bhineka tunggal ika" berbeda tapi tetap satu jua..kalau diantara anda2 baik penulis atau komentator tidak mau silahkan keluar dari negara indonesia.
8. himbauan untuk penulis dan komentator:
- jika anda mencari dan mengajak yang anda yakini benar terutama tentang agama mk jgn pergunakan fasilitas umum diinternet. bersikaplah bijak dan jgn ada unsur paksaan.
-belajarlah sendiri dengan cara membaca artikel2 para pakar agama jika tidak jelas berdiskusilah langsung melaui email pribadi. itu mungkin lebih bijak.
9. anda adalah orang2 berpotensi utk negara, sayang kalau kepintaran anda2 hanya untuk merespon hal2 yg dpt memecah belah persatuan spt ini.
10. para komentator yg bijak, kalau bisa jgn respon hal2 berbau sara apalagi penulisnya tidak jelas, yg ditakutkan ini adalah bangsa asing yg mau memecah belah persatuan. kalau penulisnya jelas segeralah lapor ke pihak aparat yg berwenang.

salam...merdeka..indonesiaku tercinta....

Posting Komentar