English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
|| Dalam blog ini saya mengumpulkan berbagai artikel mengenai agama terdahulu dan persamaannya dengan islam || kalau memang ada perbedaan saya sangat menghargainya karena anda yang lebih mengetahui agama yang anda anut || Bukan menyalahkan agama anda, saya sendiri percaya dengan dalil-dalil ketuhanan yang anda miliki || karena saya yakin kita semua berasal dari satu akar yang sama, dan "ISLAM IALAH AGAMA PENYEMPURNA DARI AJARAN-AJARAN SEBELUMNYA YANG MENGAJARKAN KASIH SAYANG" || semoga kita bisa menjadi hamba yang baik bagi tuhan semesta alam ||
RSS
email

Isa Dalam Islam & Kristen

Kenaikan Isa Al-Masih Dalam Pandangan Islam & Kristen

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, " Tidak ada seorang nabi-pun antara saya dan Isa. Sesungguhnya, dia akan turun ke bumi. Maka jika kalian melihatnya, kenalilah dia. Dia adalah seorang laki-laki dengan ukuran sedang, berkulit putih kemerah-merahan. Dia memakai dua baju kuning terang. Kepalanya seakan-akan ada air yang mengalir walaupun sebenarnya ia tidak basah. Dia akan berperang melawan manusia untuk membela Islam. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapuskan jizyah. Allah akan menghapuskan semua agama di zamannya kecuali Islam. Isa akan menghancurkan Dajjal dan dia akan hidup di bumi selama 40 tahun dan kemudian dia meninggal, kaum muslimin akan menyembahyangkan jenazahnya." HR Abu Dawud

Menurut pandangan Islam, setelah nabi Isa as lolos dari rencana pembunuhan oleh orang-orang Yahudi, lalu diangkat ke langit dan masih hidup hingga saat ini, akan turun kembali nanti menjelang hari kiamat dan bertugas selama 40 tahun untuk menegakkan kebenaran Islam dan meluruskan ajarannya yang telah diselewengkan, diantaranya tentang salib, karena nabi Isa selama misinya hingga terangkatnya ke langit, sama sekali tidak pernah mengajarkan perihal salib, juga akan membunuh babi yang telah dihalalkan oleh umat Kristen, di mana beliau sendiri tidak pernah menghalalkannya sejak Allah SWT haramkan.

Sementara itu, menurut pandangan Kristen, setelah Yesus Kristus bangkit dari kematian dan menemui murid-muridnya selama 40 hari, Yesus terangkat ke sorga dan akan kembali ke bumi dengan cara yang sama seperti naiknya.

"Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." Kisah Para Rasul 1:11.

Sepintas ada kesamaan pandangan antara Islam dan Kristen perihal diangkat-nya nabi Isa as ke langit/sorga dan turunnya kembali ke bumi menjelang hari kiamat nanti, namun ada perbedaan sangat mendasar tentang hal tersebut yaitu belum atau sudah mati ketika beliau diangkat. Menurut pandangan Islam nabi Isa as di angkat ke langit dalam keadaan sebelum mengalami mati, sementara, menurut pandangan Kristen Yesus diangkat ke sorga dalam keadaan setelah mengalami kematian.



PANDANGAN ISLAM

Banyak kejadian-kejadian yang selaras dengan pandangan yang menyatakan bahwa Isa putra Maryam belum mengalami kematian ketika diangkat ke langit.

Pertama, dalam al-Qur'an dinyatakan bahwa nabi Isa as diselamatkan dari rencana pembunuhan :

" padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak pula menyalibnya, tetapi yang mereka bunuh ialah orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka". QS. 4:157
"Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana ". QS. 4:158

Kedua, banyak nubuat dalam hadits yang menginformasikan bahwa Isa putra Maryam akan turun kembali ke bumi dan baru akan meninggal setelah bertugas selama 40 tahun. Kalau Isa putra Maryam sudah mengalami kematian ketika diangkat ke langit, maka sangat logis bila beliau dinubuatkan baru akan mengalami kematian nanti setelah turun ke bumi dan bertugas selama 40 tahun.

Juga tidak mungkin Isa putra Maryam telah mengalami kematian kalau beliau harus turun kembali menjelang hari kiamat untuk berdakwah membela Islam, karena orang yang sudah mati tidak mungkin bisa berdakwah. Kalau orang yang sudah mati bisa berdakwah, tentu nabi Muhammad saw yang lebih tepat dari pada nabi Isa as, alasannya, nabi Muhammad saw sudah terbukti jauh lebih berhasil dalam menegakkan syariat Allah daripada nabi Isa as. Di samping itu, karena nabi Muhammad sebagai pembawa syariat terakhir dan bukan nabi Isa as, Tetapi karena nabi Muhammad saw sudah mati dan nabi Isa as masih hidup, maka nabi Isa as-lah yang ditakdirkan untuk membela Islam di akhir zaman nanti.

Ketiga, nabi Isa as adalah nabi yang diutus kepada bani Israel yang disertai kemukjizatan sejak pada masa penciptaannya hingga pada masa menjalankan misinya, mukjizat-mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada beliau sangat nyata menunjukkan bahwa Isa putra Maryam adalah utusan Allah , namun sayang, hanya sedikit orang-orang Israel yang mempercayainya bahkan mereka berencana membunuh Isa as, karena mereka tidak percaya dengan nabi Isa as walaupun dengan kemukjizatan-kemukjizatan yang luar biasa, maka Allah SWT menyelamatkan nabi Isa as dengan mengangkatnya ke langit dan menjaganya tetap hidup hingga sekarang ini.

Turunnya nabi Isa as menjelang hari kiamat nanti, merupakan kemukjizatan yang luar biasa bagi manusia, di mana Isa putra Maryam yang lahir ribuan tahun sebelumnya, ternyata masih hidup pada masa menjelang hari kiamat, tentu saja hal tersebut akan menjadikan seseorang sulit untuk tidak mempercayai kebenaran Isa putra Maryam. Sehingga ketika nabi Isa as menyampaikan kebenaran Islam tidak seorangpun yang menolak temasuk orang-orang Yahudi yang dulu sombong :

Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka. QS. 4:159

Satu lagi, ditakdirkannya nabi Isa as belum mengalami mati hingga saat ini, adalah untuk menjelaskan dan membuktikan bahwa dirinya tidak disalib, sehingga orang-orang yang tidak mempercayai informasi al-Qur'an yang menyatakan nabi Isa as tidak dibunuh dan tidak pula disalib akan langsung percaya. Dan untuk menjelaskan bahwa beliau as tidak pernah menyampaikan kepada manusia untuk menyembah dirinya atau untuk mengakui dirinya sebagai Tuhan.

Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku mengatakannya yaitu:"Sembahlah Allah, Rabbku dan Rabbmu", dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka. Maka setelah Engkau wafatkan (angkat) aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. QS. 5:117

Padahal dalam Bible sendiri, tidak ditemukan ayat yang menyatakan Yesus mengaku sebagai Allah dan memerintahkan manusia untuk menyembah dirinya, mereka tidak percaya yang dinyatakan al-Qur'an, tetapi baru akan percaya bila Yesus sendiri yang menjelaskan.



PANDANGAN KRISTEN

Berbeda dengan pandangan Islam, menurut pandangan Kristen, Yesus telah mati disalib, bangkit dari kematian hidup lagi- baru terangkat ke sorga.

Pandangan semacam itu sebenarnya kontradiksi atau tidak selaras dengan kisah-kisah lain dalam bible, seperti ketika detik-detik penangkapannya, Yesus berada dalam ketakutan yang amat sangat dan berdoa memohon kepada Allah agar diberi keselamatan :

"Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."

Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah. Lukas 22:43-44

Karena Yesus sangat sungguh-sungguh dalam berdoa, maka Allah mengabulkan doa-nya :

Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan. Ibrani 5:7

Berdasarkan ayat tersebut, Allah mengabulkan doa Yesus, yang artinya Yesus terselamatkan dari maut kematian atau rencana pembunuhan oleh orang-orang Yahudi, yang artinya Yesus belum mengalami kematian ketika diangkat ke sorga. Menganggap Yesus telah mati disalib dan bangkit dari kematian tidak selaras dengan maksud ayat diatas.

Apalagi ditinjau dari sikap-sikap Yesus pasca anggapan kebangkitannya, mustahil Yesus telah mengalami kematian lalu hidup kembali bila beberapa jam sebelum diangkat ke sorga Yesus makan sepotong ikan goreng.

"Adakah padamu makanan di sini?"
Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. Injil Lukas 24:41-43

Makan makanan beberapa jam sebelum terangkat ke sorga, adalah bukti bahwa Yesus belum mengalami kematian ketika diangkat ke sorga. Karena, perbuatan makan ikan goreng hanya dilakukan oleh orang hidup yang belum mengalami kematian untuk menjaga agar tetap hidup dan bukan perbuatan orang yang telah mengalami kematian. Orang yang hidup sesudah mati, tidak perlu lagi makan makanan agar tetap hidup, karena dia sudah tidak akan mengalami kematian lagi :

Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, Ibrani 9:27

Kalau manusia sudah ditetapkan hanya satu kali mengalami mati, tentu setelah dibangkitkan dari kematian, manusia tidak akan mengalami lagi kematian, yang artinya setelah itu manusia akan kekal hidup yang tidak akan merasa lapar dan tidak perlu makan, lalu mengapa Yesus masih makan ikan goreng kalau dikatakan telah bangkit dari kematian ?. Tentu saja karena Yesus masih hidup dan belum mengalami kematian. Pendek kata Yesus terangkat ke sorga dalam keadaan masih hidup dan belum mengalami kematian.

Ada fragmen-fragmen lain yang terdokumentasi dalam Injil Lukas, yang mengindikasikan bahwa Yesus belum mengalami kematian :

".. bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia (Yesus) hidup." Injil Lukas 24:23

Yang dimaksud Yesus hidup seperti yang dikatakan malaikat dalam ayat di atas adalah, hidup sebelum mengalami kematian bukan hidup setelah mengalami kematian, karena Yesus masih makan ikan goreng.

Ada satu lagi fragmen yang mengindikasikan bahwa Yesus hidup dan belum mengalami kematian :

"Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya." Injil Markus 16:11

Untuk memahami ayat tersebut, mari kita ambil contoh seakan-akan kejadian itu ada dihadapan kita. Misalkan ada orang katakanlah A, mempunyai teman B sedang bepergian menggunakan kereta api, beberapa jam kemudian A mendapatkan berita di televisi kereta yang ditumpangi B tabrakan dan B termasuk korban tewas. Tetapi beberapa hari kemudian A bertemu B dipasar, maka A tidak percaya mendapati B hidup. Ketidakpercayaan A semata-mata untuk menyimpulkan bagaimana pemberitaan semacam itu bisa terjadi, bukan untuk menyimpulkan bagaimana mungkin B dapat bangkit dari kematian. Maka kesimpulannya adalah B tidak tewas.

Begitu juga ketika murid-murid mendapatkan Yesus hidup, ketidak-percayaan mereka semata-mata untuk menjawab siapakah orang yang disalib kalau Yesus masih hidup ?, bukan untuk menjawab apakah Yesus telah bangkit dari kematian.

Menurut pandangan mereka dan pandangan orang pada umumnya, bila ada penampakan yang menyerupai orang yang telah mati, maka penampakan itu adalah hantu. Merekapun sempat mengira Yesus yang ada di hadapan mereka adalah hantu, hal itu maklum saja, karena berita tentang Yesus telah mati di tiang salib sangat kuat beredar di masyarakat.

"Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu." Injil Lukas 24:37

Kemudian Yesus menghampiri mereka untuk menjelaskan bahwa Yesus yang mereka lihat bukanlah hantu :

Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tanganKu dan kakiKu: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." Injil Lukas 24:38-39

Apa yang dilakukan Yesus adalah untuk membuktikan bahwa dia belum mati, karena kalau dia sudah mati dan hidup lagi, tentu mereka tidak akan dapat melihat dan meraba tubuhnya. Merekapun akhirnya percaya bahwa Yesus yang mereka lihat adalah benar-benar Yesus dan bukanlah hantu. Artinya, mereka percaya kalau bukan Yesus yang disalib.

Doa Yesus yang dikabulkan, Yesus makan ikan goreng, ucapan malaikat bahwa Yesus masih hidup, ketidak-percayaan murid-murid menyaksikan Yesus masih hidup dan pengakuan Yesus bahwa dirinya bukan hantu, adalah fragmen-fragmen yang menguatkan pandangan bahwa Yesus belum mengalami kematian ketika diangkat, apalagi ditinjau dari tujuan Yesus turun kembali ke bumi, sangat pas bila Yesus belum mati.

Menurut pandangan Kristen, turunnya Yesus kembali ke bumi, adalah untuk mengembalikan kerajaan Israel atau untuk menyelamatkan umat Israel, dan itu tidak bisa dilakukan oleh Yesus dalam bentuk roh. Karena orang dalam bentuk roh, tidak akan bisa dilihat oleh manusia yang masih hidup di dunia fana.

Dalam Injil Lukas disebutkan, bahwa orang akan dapat melihat Yesus ketika turun ke bumi :

Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Injil Lukas 21:27

Yang artinya, bukan dalam bentuk roh atau bentuk orang yang sudah mengalami kematian. Tentu saja ayat tersebut menjadi ganjalan bagi yang memiliki pandangan bahwa Yesus telah mengalami kematian sebelum terangkat ke sorga. Bukankah orang yang telah mengalami kematian tidak akan bisa dilihat ?

Tetapi, ayat tersebut justru memperkuat pandangan Islam yang menyatakan bahwa nabi Isa as belum mengalami kematian ketika terangkat ke langit dan juga turunnya nanti, sehingga orang akan dapat melihat fisik Yesus. Ada satu lagi ayat dalam Bible yang selaras dengan pandangan Islam :

"....Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." Kisah Para Rasul 1:11

Frasa dengan cara yang sama dalam ayat tersebut, selaras dengan pandangan Islam yang menyatakan, nabi Isa as terangkat ke langit dalam keadaan belum mengalami kematian, dan akan turun kembali juga dalam keadaan belum mengalami kematian.

Sampai di sini dulu kajian tentang kenaikan nabi Isa as dari sudut pandang Islam dan Kristen, semoga kajian ini bermanfaat bagi akidah kita. Amien.

Sumber :
(al-islahonline)


Bookmark and Share

40 komentar:

LeeSite Comunity mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
melan mengatakan...

Salam Kenal Saudaraku..
Saya Menghargai Pendapat anda tentang ajaran anda.

Apakah anda sudah mengerti isi dan memahami Al-Quran ??
Saya hanya mau memberikan saran kepada anda.
Pelajarilah KitabSuci anda dengan Teliti dan Iklas
karna bahwa sesunggunya yg di ajarkan dlm Al-Quran
itu merujuk pada Alkitab dan mengakui Yesus
Kristus adalah Allah Yg Menghapus Dosa manusia.

@ris love4shared mengatakan...

Terima kasih atas komentarnya..
Apa yang anda katakan memang benar,
Al-quran memang mempertegas isi-isi dari al-kitab,

dan Islam adalah agama terakhir yang menyempurnakan agama-agama sebelumnya, knp di sini saya bilang menyempurnakan..

karena tahu kah anda al-kitab yang saat ini ada, itu sudah di revisi oleh manusia, kenapa jadi di revisi, karena ingin memuaskan hasrat & keinginan manusia itu sendiri, kalau anda ingin tau lebih jelas silahkan bertanya lagi, atau cobalah anda pinjam kitab al-quran teman anda..

Anonim mengatakan...

Namun, bagi kita hanya ada satu Ilah (Tuhan) saja, yaitu ”Sang Bapa” yang dari-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup.(I Korintus 8:6a)


Tentang hal makan daging persembahan berhala, kita tahu : ”Tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Ilah (Tuhan) selain Allah yang Esa”(1 Kor 8 : 4)

Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwa Akulah ALLAH dan tidak ada lagi Ilah (Tuhan) yang lain, Akulah ALLAH dan tidak ada yang seperti Aku.
(Yesaya 46: 9)


lain kali kalau komentar yang benar ya jangan salah lagi.Tuhan kok ada tiga Tuhan itu hanya satu.Yesus itu bukan tuhan yesus itu cuma utusan

Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenai Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenai Isa Al-Masih yang telah Engkau utus(Yohanes 17:3)

@ris Love4shared mengatakan...

Ya, saya setuju,
dalam islam pun demikian,
Allah lah satu-satunya tuhan.

tidak heran kenapa kita punya kesamaan.
karena kita semua berasal dari nabi yang sama & manusia yang sama, yaitu nabi Adam As.
dan tuhan beliau adalah Allah, begitu pun tuhan kita.

Nabi Muhammmad adl nabi & Rasul yang terakhir, setelah nabi Isa. Beliaulah yang memperbaiki akhlak manusia selepas naiknya nabi Isa ke surga.

lebih lengkapnya mengenai awal mula kehidupan Muhammad sebagai nabi dan rasul dapat dibaca pada artikel berikut ini :

http://love4shared.blogspot.com/2009/09/agama-muhammad-sebelum-jadi-nabi.html

Anonim mengatakan...

Saudaraku...
mari kita lebih rendah hati,bersikap bijak..belajar lebih banyak..tanpa perlu mencari cari kelemahan kelemahan ajaran,..Tuhan tidak menilai kita dari pekerjaan pekerjaan dan pelayanan pelayanan besar kita,walo hanya pekerjaan atau pelayanan kecil saja,namun dilakukan dengan kasih yang besar..tanpa mencari cari kelemahan..Tuhan punya cara sendiri melawat saya dan saudara..dan ketika waktunya tiba..tidak ada satu pun menghindari itu...

@ris Love4shared mengatakan...

Hanya kebenaran yang coba saya sampaikan,
Semua kebenaran datangnya dari Allah tuhan kita..
salah & khilaf berasal dari diri saya..

Anonim mengatakan...

Qulhuwallahu ahad
Allahusshomad
lamyalid walam yulad
walam yakun lahu kufuwan ahad

Innaddina`indallahil islam...

@ris Love4shared mengatakan...

terimakasih..
biar ana bantu terjemahkn buat yang lain..

katakanlah "Dialah Allah(Tuhan) yang Maha Esa"
Allah (Tuhan) tempat meminta segala sesuatu
Tidak beranak & tidak diperanakkan
Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia

Anonim mengatakan...

Aneh kalau Melan mengatakan Al Qur'an merujuk al Kitab dan mengakui yesus adalah penghapus semua dosa manusia.. istilahnya..:"ga mungkin Allah mengutus Nabi Muhammad dengan agama yang namanya Islam, kalau untuk mengakui yesus sebagai penebus dosa!.." kalau seperti itu maka Nabi Muhammad akan mengajarkan "Sembahlah Nabi Isa karena dia adalah jelmaan Allah.." maka orang-orang disekitarnya pasti menjawab "Kan udah ada kristen..." ngapain cape-cape ngajarin hal seperti itu..langsung aja Nabi Muhammad jadi orang kristen..
Nah..kalau turunnya Nabi Muhammad itu ada alasannya, karena ajaran yang benar telah dibelokkan sedemikian rupa oleh Paulus sehingga harus ada yang meluruskan..

@ris love shared mengatakan...

Setuju... ^_^
Terima kasih atas komentarnya...

Anonim mengatakan...

SUBHANALLAH. PROUD OF BEING MOESLEM :)

Anonim mengatakan...

kalau ISA itu hanya manusia...mengapa Dia yg turun ke bumi pada hari kiamat,..mengapa bukan muhammad sebagai nabi terakhir?

@ris mengatakan...

karena faktanya nabi isa belumlah meninggal, beliau telah diangkat oleh Allah ke alam akhirat, sampai nanti tiba saatnya beliau turun kembali ke dunia untuk meluruskan ajaran yang telah banyak disalah tafsirkan, sedangkan nabi Muhammad sendiri telah meninggal beliau akan menunggu kita disurga, dan dengan kehadiran nabi isa, maka beliau akan menyatukan umat kristiani dan islam untuk mengalahkan kaum yahudi..

silahkan baca artikel ini :
http://love4shared.blogspot.com/2009/12/2012-kiamat.html

Allah lah yang lebih tau,
adapun kekurangan2 nya tu berasal dari diri saya, tempatnya salah dan khilaf...

Anonim mengatakan...

TUNGGUL
Setelah menyimak tulisan ini saya semakin yakin Kepada Tuhan Yesus Kristus, kenapa ? karena banyak yang mencoba untuk membimbangkan Iman umat Kristen tetapi dengan salam damai dan sejahtera dari Tuhan Kita Allah Pencipta Alam Semesta Iman saya semakin tebal, dan saya semakin yakin bahwa semakin tinggi suatu pohon semakin kencang angin yang menerpa dan semakin tinggi iman seseorang semakin besar godaan dan cobaan yang dihadapi sebagai mana Nabi Ayub yang diminta meninggalkan TuhanNya karena penderitaan yang dialamiNya tapi Dia tetap setia, demikian juga saya Saudaraku tetap telitilah semua kitab-kitab semoga Saudaraku dibukakan mata hatinya untuk dapat melihat yang tersembunyi, sayapun siang malam dengan syafaat berdoa kepada Allah Pencipta Alam Semesta melalui satu Nama yaitu Yesus Kristus agar Iman ku dijaga selalu sesuai kehendakNya, dan aku iklas dan pasrah tanpa pamrih menjadi pelayan Nya dan mengamalkan Kehendak Nya di dunia tanpa memandang suku, agama, bangsa , mahluk , alam semesta dengan segenap akalbudi , pikiran, kekuatan tanpa mengharapkan sesuatu kepada Nya, karena aku tidak layak sebagai manusia yang berdosa dan hanya mengucap Syukur dalam setiap nafas yang layak ku perbuat untuk Memuliakan Nama Nya, Amin

@ris mengatakan...

Sungguh, bila anda berislam maka pasti anda akan lebih bersyukur akan nikmat Allah, berulang kali saya sampaikan Islam ini adalah ajaran penyempurna dari ajaran yang telah lalu, bukan kami dan nabi Muhammad yang membuat al-qur'an, tapi hal itu langsung disampaikan oleh Allah..
sungguh Allah menyayangi umatnya yang menolong agama Nya..

Anonim mengatakan...

"sesungguhnya Allah yang maha mengetahui apa yang kamu tidak ketahui"

makasih atas artikelnya...alhamdulillah,sya jdi tahu banyak hal ^^

Anonim mengatakan...

sudahlah jangan ngotot-ngototan...
allah berfirman...
agamamu agamamu...
agamaku agamaku...
jadi bagi yang kristen jangan diambil hati...
oke... : )

Anonim mengatakan...

saya coba menjelaskan ke Tritunggalan Allah, dan ini adalah pendapat saya.
1. Bapa
2. Anak = Yesus Kristus
3. Roh Kudus
Bapa dan Anak sama seperti suku Batak, contoh kalau bapaknya marga Siagian sudah pasti anaknya marga Siagian juga, jadi mereka satu yaitu Siagian. jadi, Bapa dan anak adalah satu yaitu Allah Tuhan kita. sedangkan Roh Kudus adalah Roh Allah/Bapa yang turun ke bumi untuk menemani manusia dari peperangan terhadap iblis setelah Yesus Kristus naik ke surga.

coba anda-anda lebih cermat lagi memahami Alkitab, dan baca semua, jangan setengah setengah, Thomas (murid Yesus Kristus) memasukan jarinya ke bekas telapak tangan Yesus Kristus bekas paku. jadi Yesus Kristus benar benar mati dan bangkit terus naik ke surga dan pada akhir zaman dia turun lagi ke bumi untuk menghakimi kita manusia yang berdosa. apakah Yesus Kristus berdosa seperti Muhammad? jawabannya Yesus Kristus tidak berdosa.

sembahlah Yesus Kristus yang menurut islam adalah Nabi/Rasul, semua Nabi/Rasul yang ada di bumi adalah berdosa dan lahir karena hubungan jasmani, sedangkan Yesus Kristus tidak, dia ada karena Kebesaran Tuhan Allah.

@ris mengatakan...

Apakah sama Pencipta dengan ciptaannya ?

Samakah Robot dengan Ilmuwan yang menciptakannya ??

Manusia telah Allah lengkapi dengan beberapa naluri antara lain :
naluri beragama (menuhankan sesuatu)
naluri mempertahankan diri (baik fisik maupun pemikiran)
naluri untuk memiliki keturunan

tidak ada yang salah dengan hubungan jasmani, karena hal itu merupakan fitrah kita sebagai manusia..

nabi isa adalah utusan Allah kpd umatnya,jadi sangat jelas beliau bukan merupakan tuhan, beliau hanya diberikan mukjizat untuk membuktikan bahwa beliau adalah utusan tuhan.

sedangkan roh kudus/malaikat jibril adalah salah satu malaikat ciptaan Allah, dia bertugas sebagai perantara wahyu Allah kepada siti maryam & kpd sang nabi..

Anonim mengatakan...

sepertinya saudara yang membuat tulisan di atas,benar benar dangkal pengetahuannya tentang Alkitab...jadi wajar saja kalau bung @ris mengatakan demikian....
Anyway....Jesus Christ is My Saviour, and no one can save man without Him, include Muhammad

@ris mengatakan...

ya anda benar jesus/nabi isa adlh seorang juru selamat, pada hari kiamat beliau yang akan turun menolong manusia agar mereka semua tersadarkan pada ajaran yang benar, dan nabi muhammad memang benar2 telah menjadi penyampai risalah yang benar, yang telah menyempurnakan ajaran2 sebelumnya, yang telah mengajarkan bagaimana cara beribadah yang benar, dan meninggikan satu tuhan yaitu Allah,,

endy mengatakan...

Nabi Isa akan menjadi Hakim yang adil, mematahkan (bisa diartikan sebagai penolakan) salib yg selama ini disandarkan kepada beliau seolah2 beliau mengajarkan doktrin2 dalam"kepercayaan tsb"..

Tapi Jalan Nabi Isa AS Alhamdulillah telah dirintis, baik oleh umat kristiani sendiri maupun umat lain, bahkan banyak yang berupa outokritik dari umat kristiani.
Ditemukannya gulungan laut mati, penelitian seksama tentang injil dan ditemukannya 50000 kekesalahan injil oleh saksi jehova, mulai terangnya asal kata Yahweh, ditemukannya kemiripan hymne platonis (20 BC- 50 AD)yg dibuat oleh philo dari alexandria dengan Yohanes 1: 1-18, sidang para ahli PB yg mengatakan hanya 18% perkataan Yesus dalam bible, ditemukannya injil thomas,dll..semua rangkaian ini mirip dengan tugas Isa AS untuk mematahkan salib di akhir zaman..pada saatnya nanti turunnya nabi Isa AS akan menjadi pematahan(penolakkan) salib pamungkas di akhir zaman.Wallahu a'lam..

@ris mengatakan...

Insya Allah..
mari kita sama2 tingkatkan kajian kita dalam Islam ^^

Unknown mengatakan...

Yesus adalah Tuhan..

"Firman itu telah menjadi manusia (Yesus)" Yohanes 1:14
Semua manusia di dunia berasal dari debu tanah, kecuali Yesus, Dia adalah Firman Allah yang menjadi Manusia, Firman Allah itu adalah Allah.
"Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah." Yohanes 1:1

Seorang perempuan tidak dapat mempunyai anak kalau tidak ada benih dari laki-laki. Maria tidak menerima benih dari laki-laki, tetapi Maria mengandung, padahal dia masih perawan. Jadi yang dikandung maria itu adalah Firman Allah. Disebut anak manusia (Maria), disebut Anak Allah karena yang dikandung Maria itu itu adalah Firman Allah. Berbeda dengan Adam, Adam tidak dilahirkan, tetapi diciptakan Allah, yang dibuat dari tanah, sebab itu Adam disebut manusia ciptaan yang pertama, bukan Anak Allah.

"Sebelum Yesus menjadi manusia, Yesus adalah Firman Allah, dan Firman Allah itu adalah Allah.
"Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah." (Yoh 1:1)
Yesus berkata, "Aku dan Bapa adalah satu." Yohanes 10:30
"...dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku"(Yohanes 11:45)

Dalam Al Qur'an:

1. Qs. 19:19
Isa Al Masih seorang anak laki-laki yang suci.
2. Qs. 19:21
Isa Al Masih sebagai tanda bagi manusia dan rahmat dari Tuhan.
3. Qs. 3:46, 5:19, 20, 110:
Isa Al Masih semasa dalam buaian dan ayunan sudah bisa berbicara dengan manusia.
4. Qs. 19:31
Isa Al Masih seorang yang diberkati Allah dimana saja berada.
5. 3:49, 5:110
Isa membuat burung, menyembuhkan orang buta sejak lahir, menyembuhkan penyakit sopak (lepra) dan menghidupkan orang mati.
6. Qs. 3:45
isa adalah Kalam Allah, terkemuka di dunia dan di akhirat.
7. Qs. 4:171
Isa Al Masih utusan Allah, Kalam Allah dan Roh Allah.
8. Qs. 21:91
Isa dan ibunya dijadikan tanda yang besar bagi semesta alam.

Dalam Hadits:

1. HSB. 1496
Isa itu utusan Allah, Kalam Allah, Roh Allah.
2. HSB. 1090
Isa akan turun menjadi Hakim yang adil.
3. H. Anas bin Malik hal. 72
Isa Roh Allah dan Kalam Allah
4. HSM Jilid I hal. 74
Isa adalah Iman Mahdi dan Hakim yang adil
5. H. Ibnu Majah:
Tidak ada Imam Mahdi selain Isa putra Maryam.

Unknown mengatakan...

Beberapa Nubuat Mengenai Kedatangan Muhammad Di Alkitab :

1. Nabi Musa (bacalah Kitab Ulangan 13:1-5)
Poin:
Akan ada seorang nabi yang mengajak untuk mengikuti allah yang tak dikenal.
Tujuan nabi ini adalah untuk menyesatkan orang dari jalan yang diperintahkan TUHAN, Allah.
Janganlah kalian dengarkan dia.
Tanggapan:
Nabi muhammad saw mengajak semua orang untuk masuk agama islam, menyembah allah swt, yaitu zat yang maha suci dan tinggal di kabah. Selain itu, ajarannya menyimpang dari ajaran TUHAN, Allah Israel.

2. Nabi Yosua (bacalah Kitab Yosua 23:6-8)
Poin:
Peliharalah Kitab Hukum Musa, jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri.
Jangan bergaul dengan bangsa lain (spt Arab misalnya)
Jangan mengakui allah mereka. - Jangan bersumpah demi nama allah mereka.
Jangan beribadah atau sujud menyembah allah mereka.
Tanggapan:
Nabi muhammad saw adalah nabi dari Arab, memiliki allah sendiri, mengajak masuk islam dengan bersumpah kepada allahnya orang arab, dan beribadah dan sujud menyembah allah mereka yang tinggal di arab.

3. Nabi Yeremia (bacalah Kitab Yeremia 23:16)
Poin:
Seorang nabi palsu hanya memberi harapan sia-sia.
Seorang nabi palsu hanya mengungkapkan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut Tuhan.
Tanggapan:
Ajaran nabi muhammad saw tidak memberikan kepastian tentang keselamatan kekal di sorga, hanya menduga-duga bahwa dengan pahala, berbuat amal sebanyak-banyaknya, kiranya, moga-moga, mudah-mudahan, bisa melebihi dosanya. Sampai saat ini muhammad masih di doakan oleh seluruh pengikutnya agar mendapatkan keselamatan, dan belum tampak adanya perubahan atas statusnya sampai saat ini.

4. Nabi Yehezkiel (bacalah Kitab Yehezkiel 13:3-6)
Poin:
Nabi bebal yang mengikuti bisikan hatinya sendiri dan tidak melihat suatu pengelihatan.
Pengelihatan mereka menipu dan tenungan mereka adalah bohong.
Tuhan tidak mengutus mereka dan mereka tetap menanti firman bohong itu digenapiNya.
Tanggapan:
Dalam alquran memang tercantum beberapa ajaran dari Alkitab, untuk membenarkan diri bahwa islam yang dibawa muhammad berasal dari Allah Israel, namun akhirnya mengajarkan untuk menyembah allah arab yang tinggal di kabah. Ajaran yang berasal dari bisikan hatinya sendiri antara lain tentang halalnya wanita yang dikawini muhammad, halalnya merampok pedagang dijalan allah, halalnya berperang di jalan allah, tentang poligami, perbudakan, jin muslim, gambaran tentang surga, dsb.

Unknown mengatakan...

5. Tuhan Yesus (bacalah Injil Matius 7:15-23, Markus 13:22, Lukas 17:1-2)
Poin:
Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu.
Dari buahnyalah engkau akan mengenal mereka.
Penyesatan pasti terjadi, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.
Tanggapan:
Apakah muhammad saw nabi yang diutus oleh Allah Israel? nampaknya tidak, sebab mereka membenci bangsa israel. Adakah kasih yang sempurna dimiliki oleh seorang muslim? adakah mereka mampu mengampuni musuh2 mereka?

6. Rasul Petrus (bacalah Kitab 2Petrus 2:1-22)
Poin:
Nabi palsu memasukkan ajaran sesat yang membinasakan
Menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dari dosa, yaitu Yesus Kristus.
Memiliki cara hidup yang dikuasai oleh hawa nafsu.
Berani dan angkuh, tidak segan2 menghujat kemuliaan.
Menjanjikan kemerdekaan kepada orang2, padahal mereka sendiri adalah hamba kebinasaan.
Tanggapan:
Nabi muhammad saw mengajarkan bahwa berjihad upahnya langsung masuk sorga, juga menyangkal Yesus sebagai Tuhan, hidup dalam hawa nafsu duniawi, dengan terang2an menyembah dan mencium batu, dan menjanjikan pengikutnya mendapat pengampunan dari allahnya, padahal dia sendiri berdosa.

7. Rasul Yohanes (bacalah Kitab 1Yohanes 2:18-27)
Point :
Kebenaran sama sekali tidak berdusta.
Ajaran palsu menyangkal Yesus sebagai Kristus /Juruselamat Dunia.
Ajaran palsu menyangkal Yesus sebagai Anak Allah.
Tanggapan:
Dalam alquran sudah jelas bahwa islam tidak mengenal adanya penebusan dosa, karena orang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan juga berkali2 mengajarkan bahwa Allah tidak memiliki, tidak mengangkat, mengadopsi, seseorang menjadi anakNya, bahkan mengajarkan bahwa Yesus bukan Allah, ataupun Anak Allah.

@ris mengatakan...

"...dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku"(Yohanes 11:45)

disini jelas Allah mengutusnya bukan menjadi dia...

kata siapa Allah tinggal di ka'bah..??
bahkan Alqur'an tidak pernah menyampaikan demikian...

Allah adalah Tuhan dari manusia pertama diciptakan (Adam)

Nabi muhammad didoakan karena umatnya mencintai beliau, Allah sudah memastikan nabi Muhammad masuk surga..

dan surga bukan bualan, surga itu pasti adanya bagi yang beriman dan beramal saleh..

Muslim sejati tidak pernah menganiaya orang lain, itulah yang dicontohkan oleh nabi muhammad dan yang diperintahkan oleh Allah

"Dalam alquran sudah jelas bahwa islam tidak mengenal adanya penebusan dosa, karena orang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan juga berkali2 mengajarkan bahwa Allah tidak memiliki, tidak mengangkat, mengadopsi, seseorang menjadi anak Nya, bahkan mengajarkan bahwa Yesus bukan Allah, ataupun Anak Allah."

saya setuju dengan statement anda yang ini karena memang benar adanya..
maka bertaubatlah..

Karena Allah berfirman dalam Ali imran ayat 110 :
.., sungguh bila ahli kitab itu beriman maka itu lebih baik bagi mereka, namun sedikit dari mereka yang beriman dan kebanyakan dari mereka adl org2 yg fasik

elfan mengatakan...

Baik Dajjal, Al Mahdi ataupun Nabi Isa As. yang akan turun kembali ke bumi, pada dasarnya tidak ada dalam Al Quran.

Dajjal sudah ada sejak manusia ada, seperti kasus pembunuhan antaranak Adam As;

Al Mahdi atau Imam Mahdi sudah datang sebagaimana diharapkan oleh Nabi Ibrahim As. dlm QS. 2:129 yakni nabi pamungkas, penutup para nabi, ajarannya berlaku sampai akhir zaman itulah Nabi kita Muhammad SAW (QS. 5:3 dan 33:40), inilah Al Mahdi yang sesungguhnya.

Nabi Isa As. yang 'konon' akan datang kembali ke dunia, ternyata dibantah oleh Al Quran sendiri, bahwa misi para rasul dan nabi terdahulu sudah selesai dan dia tak akan diminta pertanggung jawaban atas nabi/rasul sesudahnya yakni Nabi Muhammad SAW (QS. 2:134 dan 141).

ISKANDAR Z mengatakan...

sebuah tanggapan yg mengada-ada, hanya dipaksakan, tdk logis.........dan tdk ilmiah

Anonim mengatakan...

Sesungguhnya islam tdk prnh memaksa seseorang untuk percaya/memeluk agama islam...

Untuk Ku Agama Ku
Untuk Mu Agama Mu

Maaf aku ga peduli dgn Tuhan selain Allah.
Kalaupun diantara kalian termasuk golongan orang2 kafir, maka nikmatilah Neraka Abadi

Anonim mengatakan...

Salam. saya heran mengapa masih diperdebatkan lagi hal yg tak bisa kita kuak secara detail! anda2 ini seorang yg berTuhankan? mengapa anda egois.,? saya seorang islam yg percaya dan kenal betul siapa ISA! karena disekeliling saya adalah kristiani! ISA / Jessus memang sudah mati dan hidup kembali. kalo tidak percaya tanya pada siti mariam besok kalo dah mati.,!! INTINYA: boleh kita berbeda.,!! namun garis besarnya apa sih arti agama itu.,? bukanya agama itu menuntut kebaikan untuk umatnya.,!! SUDAH., SUDAH.,.,!! anda2 ini sudah pernah hidup dimasa2 Muhamad & Yessus ato gmn mw debatin masalah kebenaran segala.,! APA HIDUP ADA SUDAH BENAR? itu yg harus didebatkan,.!!

Anonim mengatakan...

mempertahankan kbenaran itu harus , masa saya hrus diam sja ktika islam dijelek"kan .. smentara artikel diatas memang terbukti benar adanya , semua tertulis di Al-Quran!! kalian semua prnah gk sih nonton film 'The Davinci Code' ? itu adalah kisah nyata yg dialami oleh sang penulis buku , itu kan mnceritakan ttg ajaran asli kristen dan injil yg asli , didlm injil asli itupun tertulis dg sngat jlas bhwa akan ada nabi stelah isa , dan ialah nabi terakhir utusan Allah SWT .. dan ternyata jauh berbeda dg ajaran kristen skrg , bhkan injil skrgpun sdah dimanipulasi oleh kaum yg tdak brtanggung jwb , dan itulah yg kalian yakini .. kalau tdk prcaya cb cari film itu , tp cari dg sungguh2 krna film itu sudah lama ditarik dari peredaran karna orang2 kristen tersinggung dg cerita itu .. tersinggungkah mereka dg adanya kebenaran yg terkuak ? Wallahualam ...
mudah2an Allah SWT membukakan pintu hati kalian smua agar bs menyerap apa arti islam dan Allah yg sebenarnya , krna Allah SWT maha membolak-balikkan hati :)

@ris mengatakan...

terimakasih kpd teman2 semua yang telah memberikan komentar, komentar anda sangat berharga demi berkembangnya blog ini, bukan saya bermaksud utk menyulut pertikaian, karena nabi Muhammad pun memberikan kesempatan untuk bebas memilih agama, saya hanya menjelaskan bahwasanya kitab2 terdahulu pun telah mengurai fakta yang akan terjadi, bahwa akan datang seorang pembawa risalah akhir zaman yang akan membawa rahmat bagi seluruh alam, yaitu nabi Muhammad dan Islam..

Anonim mengatakan...

sya percaya pada kebenaran AL Quran,,
lalu untuk pndapat kristen ttg yesus sbg juru selamat,menurt ku memng benar karna nnt yesus akan memerangi dajal dan akn menyelamatkan umat non muslim dari pemahaman dan kepercayaan tuhan yang salah selama ini...
yesus nantinya akan membenarkan ttg ajaran yg salah dan akan memnta umatnya untuk masuk jalan yang benar(islam).

Anonim mengatakan...

yesus nantinya akan membenarkan ttg ajaran yg salah dan akan memnta umatnya untuk masuk jalan yang benar(islam).
maaf persepsi dari membenarkan kutipan diatas mengartikan bahwa smua ajaran adalah benar adanya meskipun itu keliru atau salah.... hati-hati dalam menyampaikan sesuatu.. bukan membenarkan tapi meluruskan jalan atau ajaran yang salah dan keliru...
ISLAM Rahmatan lil Alamin..

Anonim mengatakan...

QS Maryam :
30. Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi
31. dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
34. Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.

QS Ali 'Imran
45. (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat[193] (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),

nb ;[193]. Maksudnya: membenarkan kedatangan seorang nabi yang diciptakan dengan kalimat kun (jadilah) tanpa bapak yaitu nabi Isa a.s.

QS An Nisaa'
171. Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu[383], dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya[384] yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya[385]. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara.

nb:
[383]. Maksudnya: janganlah kamu mengatakan Nabi Isa a.s. itu Allah, sebagai yang dikatakan oleh orang-orang Nasrani.

[384]. Lihat no. [193].

[385]. Disebut tiupan dari Allah karena tiupan itu berasal dari perintah Allah.

Al-masih Ad-dajjal adalah Kristen - Agama Ngarang mengatakan...

Memang orang kristen itu ya, selalu membolak-balik fakta. Orang islam aj tidak pernah membolak-balik fakta. Jelas fakta Al-qur'an tidak pernah berganti ayat-ayatnya beratus-ratus tahun sedang kan Injil sudah berganti-ganti trus sampe sekarang.

Apa mereka ga mikir apa? Yang anehnya ya, banyak cerita kebenaran mereka umpetin trus di ganti sama yg hoax. Misal, neil amstrong masuk islam adalah benar, dan ada bukti bahwa bulan pernah terbelah, trus neil amstrong juga memfoto dunia dan mekkah adalah pusat bumi.

Gini ya orang kristen, lo itu main fair dunk kayak orang Islam. Mana ada orang Islam ganti-ganti Injil? Ada ga orang Islam bikin Injil karangan buat rusak nama lo? Ada ga barang-barang lo di umpetin sama Islam?

Kenapa bukti kebenaran neil amstrong masuk Islam aj lo ganti2? Fair aj dunk. Biarin dunk kebenaran neil amstrong masuk Islam dan foto2 bukti itu. Eh kristen klo lo sendiri yakin agama lo bener, ngapain lo tutup-tutupin fakta? Sampe-sampe Michael jackson masuk Islam aj lo tutup-tutup2in.

Gini aj, lo silahkan bikin bukti apa untuk agama lo dan biarkan bukti kebenaran Islam muncul dunk. Jangan di karang-karang. Jadi dengan begitu terserah orang mau milih agama yang mana. Jangan-jangan lo takut ya, klo lo ga sembunyiin fakta itu pasti semua umat kristen masuk ke Islam, bener kan orang kristen?

Jadi agama yg fair dunk kayak Islam.

Kristen adalah Dajjal mengatakan...

Oh ya 1 lagi ya orang kristen, Gua tau lo sekarang lagi gencar-gencarnya nyari anak-anak yang ada kelebihan kan. Lo mau cari anak yg lahir itu karena biar lo ajak ikut agama lo kan? Karena menurut dari yahudi tu anak adalah isya yang nanti bakal lurusin agama kan, dan ngajak semua orang untuk masuk Islam, betul kan?

Lo cari aj sampe mampus tu anak ga kan ketemu, dah ada yang jaga. Jangan lo tanya gua tau informasi ini dari mana orang kristen. Jadi lo siap aj setelah imam mahdi keluar, baru nabi isya keluar buat hancurin agama kristen ( al-masih ad-dajjal)

kenapa kristen di sebut al-masih ad-dajjal? karena dia mengarang ajaran isa almasih. arti dari al-masih ad-dajjal, al-masih = isa, ad-dajjal = pembohong, jadi, "agama yang membohongi ajaran isa yang asli". Jadi dajjal adalah istilah agama, dan kristen adalah agama jadi dajjal = kristen.

Hati-hati lah sama kristen pembohong.

@ris mengatakan...

thanx atas commentnya,tapi demi kebaikan kita bersama tlg jangan berkata kasar,karena nabi muhammad pun tidak mengajarkan suatu hal dg kasar :)

Posting Komentar